Kamis, 17 Februari 2011

Telisik totor batak melalui alkitab



Horas Bangso Batak . . . Kita akui jujur sebelum datangnya keKristenan tortor dan gondang adalah sarana untuk meminta kesuburan (sawah, ternak, dan manusia), menolak bala dan atau menghormati dewa-dewa dan roh nenek moyang. Bagi kita orang Kristen, tortor dan gondang b...ukanlah sarana membujuk Tuhan Allah agar menurunkan berkatNya, namun salah satu cara kita mengekspresikan atau menyatakan syukur dan sukacita kita kepada Allah Bapa yang kita kenal dalam Yesus Kristus dan membangun persekutuan sesama kita. Selanjutnya sebelum datangnya kekristenan gondang dianggap sebagai reflektor atau yang memantulkan permintaan warga kepada dewa-dewa. Bagi kita yang beriman Kristen gondang itu hanyalah alat musik belaka dan para pemainnya hanyalah manusia fana ciptaan Allah. Kita dapat menyampaikan syukur dan atau permohonan kita kepada Allah Bapa tanpa perantara atau reflektor kecuali Tuhan Yesus Kristus. Dahulu bagi nenek moyang kita sebelum keKristenan, tortor dan gondang sangat terikat kepada aturan-aturan pra-kristen yang membelenggu: misalnya wanita yang tidak dikaruniai anak tidak boleh manortor dengan membuka tangan. Bagi kita yang beriman Kristen sekarang, tentu saja semua orang boleh bersyukur dan bersukacita di hadapan Tuhannya termasuk orang yang belum atau tidak menikah, belum atau tidak memiliki anak, belum atau tidak memiliki anak laki-laki. Semua manusia berharga di mata Tuhan dan telah ditebusNya dengan darah Kristus yang suci dan tak bernoda (I Pet 1:19). Pada jaman dahulu tortor dan gondang Batak terdiri dari 7 (tujuh) bagian, namun pada masa kini, secara substansial, terlebih bagi tortor dan gondang huria dapat kita bagi 3(tiga) saja, yaitu: 1. Gondang Mula-Mula atau Somba-Somba 2. Gondang Pasu-Pasu atau Liat-Liat 3. Gondang Sitio-Tio atau Hasahatan ALU-ALU Sebelum manortor pemimpin rombongan yang sekaligus juru bicara (parhata) menyapa tim pemusik (panggual pargonsi) agar memberikan tanda untuk mengungkapkan seruan (alu-alu) hati para penari kepada Allah Tritunggal. Seluruh penari berdiri dengan sikap hormat dengan ulos diselempangkan di bahu. Contoh: Nunga marpungu hami di alaman bagas joro on, ruas ni huria Gereja Katolik Lumban Lintong Pangururan, marlas ni roha, marria-ria jala marolop-olop manghalashon pasu-pasu ni Tuhanta Debata. Ibana do bonana Ibana do ujungna, Parjolo jala Parpudi (Wahyu 1:8,18). Antong pasahat ma alu-alu nami: Alu-aluhon ma jolo tu Debata Ama, na manompa langit dohot tano on, dohot nasa isi na, ima TUHAN JAHOWA, Ama na hutanda hami di bagasan goarni AnakNa Jesus Kristus. (manghuling taganing). Alu-aluhon ma tu Tuhan Jesus Kristus, Anak ni Debata na sasada i, na paluahon hami sian dosa dohot hamatean marhite mudarNa na badia i (manghuling taganing). Alu-aluhon ma tu Tondi Porbadia na ruar sian Ama i dohot sian AnakNa Tuhan Jesus Kristus, na pajongjong huria na badia i. (manghuling taganing). 1. GONDANG MULA-MULA atau SOMBA-SOMBA Tortor huria hendak kita awali dengan gondang mula-mula sekaligus gondang somba-somba. Pada saat ini penari (panortor) bersikap menyembah atau memberi hormat, yaitu kedua tangan terkatup rapat di depan dada sambil bergerak memutar di tempat sesuai dengan irama musik. Ini adalah ungkapan sikap sembah kepada Tuhan Allah, Bapa yang maha kuasa, AnakNya Tuhan Yesus Kristus, dan Roh Kudus. Sekaligus untuk menunjukkan sikap hormat kepada sesama manusia. Harus diakui bahasa Batak tidak membedakan “sembah” dan “hormat”. Sebab itu kita sendirilah yang harus mengartikan bahwa somba kepada Tuhan berbeda derajatnya atau kualitasnya dengan “somba” kepada manusia. Yang pertama menunjukkan ketergantungan mutlak kepada Allah dan yang kedua merupakan sikap hormat dan santun kepada sesama manusia. contoh: Amang (Inang) panggual pargonsi, na marmula do nasa na adong, jala Debata do haroroan ni saluhutna! Nuaeng bahen damang (dainang) ma jolo gondang mula-mula laos padomu ma dohot gondang somba-somba i, asa jolo marsomba hami tu jolo ni Tuhan, Debata Jahowa na sasada i, na tumompa langit dohot tano on, dohot tu AnakNa Tuhan Jesus Kristus naung mate humophop hita jala mulak mangolu, dohot tu Tondi Porbadia na mangalehon hasesaan ni dosa, las nl roha dohot ngolu na imbaru na so ra suda i”. 2. GONDANG LIAT-LIAT Sesudah mengungkapkan tanda sembah kepada Allah dan hormat kepada sesama, dengan berdiri di tempat, tortor dilanjutkan dengan meminta gondang liat-liat (keliling). Mangaliat atau berkeliling adalah simbol persekutuan dan kebersamaan (egalitas) Batak yang sangat khas, dan sesuai dengan kekristenan kita. Gerak dan posisi berkeliling menunjuk kepada kesatuan dan sekaligus kepada keadilan. Bahwa setiap orang diterima dan diakui sebagai bagian persekutuan dan memiliki hak dan kewajiban yang sama. Selanjutnya gerak berkeliling ini juga menyimbolkan dinamika komunitas itu sendiri. Bahwa dalam hidup ini kita tidak dapat tinggal diam atau statis, namun harus selalu bergerak dan berkarya. Contoh: Ale Amang (Inang) panggual pargonsi, bahen damang (dainang) ma gondang liat-liat i, asa mangaliat hami manghalashon jala manghamauliatehon pasu-pasu ni Debata naung sahat tu hami be, asa mangaliat hami mangolophon haluaon naung pinatupa ni Tuhan Jesus i jala hasesaan ni dosa naung nilehonNa i, asa mangaliat hami mamaritahon Barita na Uli jala patupahon ulaon asi ni roha I, asa sahat hahorasan, sahat las ni roha, sahat hadameon, sahat hasonangan tu bangso nami . Catatan: dalam kultur Batak menggoyang-goyangkan pinggul dalam manortor dianggap sesuatu yang vulgar atau sangat tidak sopan. 3. GONDANG SITIO-TIO atau HASAHATAN Tortor diakhiri dengan gondang sitio-tio (bening, jernih, bersih) yang disatukan dengan gondang hasahatan (kesampaian). Seluruh peserta memegang ujung ulos. Juru bicara (parhata) rombongan menyampaikan bahwa rombongan sudah puas dan lega menari dan semua syukur dan doa kerinduan kepada Allah Tritunggal sudah disampaikan. Contoh: “Amang (Inang) panggual pargonsi, bahen damang ma gondang sitio-tio i, asa tongtong tio ulaon nami jala tiur ngolu nami, tangkas parrohaon nami jala torang pingkiran nami, pitta haporseaon nami jala polin holong nami, laos padomu ma dohot gondang hasahatan isiala nunga sahat Barita na Uli tu hami, sahat haluaon na pinatupa ni Kristus i, sahat ditongoshon Tuhan i TondiNa na badia i jala sahat hami tu hahorason, hadameon dohot hangoluan na imbaru……” 4. UMPASA DAN AYAT ALKITAB Dalam tortor Batak selalu diungkapkan umpasa (kata-kata bijak yang berisi permohonan berkat). Banyak diantara umpasa itu yang baik dan tetap relevan dengan kehidupan kita sebagai orang Kristen dan modern. Sebab itu adalah baik jika kita menyelipkan umpasa-umpasa itu. Namun lebih baik lagi jika kita juga mengutip ayat-ayat Alkitab yang kita imani pada saat meminta gondang. Contoh: Puji hamu ma Ibana mardongan soara ni sarune, puji hamu ma Ibana mardongan arbab dohot sordam. Puji hamu ma Jahowa mardongan tali sayak dohot panontoron na marliat, puji hamu ma Ibana mardongan hasapi dohot tulila. Puji hamu ma Ibana mardongan ogung panggora, puji hamu ma Ibana mardongan ogung panonggahi! (Psalm 150:3-5) 5. HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARKAN DALAM TORTOR KRISTIANI a) Penyebutan nama-nama dewa batak kuno “mulajadi na bolon”, “ompunta martua debata”, “debata asi-asi”, “bala bulan” dll. Kita harus benar-benar sadar bahwa yang kita puji dan sembah juga dalam tortor adalah Allah Tritunggal (Bapa, Anak dan Roh Kudus). b) Penggunaan istilah ‘ompung” menyebut Tuhan. Alkitab jelas mengajar kita menyapa Allah dengan Bapa. c) Penggunaan terlalu banyak kata “asa” atau “supaya”. Kita margondang bukan supaya (ndada asa) diselamatkan Allah, tetapi (alai siala) karena sudah diselamatkan oleh Kristus, bukan supaya diberkati tetapi karena sudah diberkati. d) Perilaku sombong, congkak atau arogan serta melecehkan keberadaan orang lain. Tortor bukanlah untuk dipertontonkan. e) Lupa diri dan tidak menguasai diri yang diakibatkan terlalu gembira/ antusias atau karena pengaruh minuman keras. Dalam manortor kita perlu tetap siuman dan siaga (jamot) dan mengendalikan diri sepenuhnya di bawah Firman Tuhan. f) Perilaku yang tidak senonoh. 6. TORTOR BUKAN TONTONAN Tortor adalah acara kebersamaan kita sebagai komunitas Kristen-Batak. Dalam manortor tidak ada penonton dan tidak ada pemain. Kultur Batak yang kita warisi tidak mengenal profesi “penari” atau panortor. Sebab semuanya adalah peserta (parsidohot) dan penerima hak (parjambar) termasuk dalam manortor. Itulah kekuatan dan makna utama tortor Batak. Tortor akan kehilangan kekuatan dan maknanya bila direduksi menjadi show atau pertunjukan. Sebab itu tortor tidak boleh elitis, tetapi harus tetap populis. Pusat tortor tidak boleh digeser ke panggung kecil tetapi tetap halaman luas dimana orang banyak berkumpul. 7. KESETARAAN PEREMPUAN & LAKI-LAKI Sebagai gereja yang sudah ditebus Tuhan Yesus Kristus, kita harus menyatakan bahwa perempuan dan laki-laki setara di hadapan Allah yaitu sama-sama citra Allah (Kej 1:27) dan dalam Kristus tidak ada lagi perbedaan kemanusiaan perempuan dan laki-laki. Termasuk dalam manortor atau meminta gondang (pemimpin rombongan dan juru bicara). Bahkan sebagai gereja kita mengharapkan di masa depan perempuan juga ada yang menjadi panggual pargonsi (tim pemusik). 8. PASU-PASU ATAU BERKAT Sebagai orang Kristen, kita percaya bahwa berkat (pasu-pasu) datang hanya dari Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. (Bilangan 6:24-26, II Kor 13:13). Tuhanlah sumber satu-satunya berkat (pasu-pasu). Tuhan Allah dapat memakai siapa saja untuk menyalurkan atau mendistribusikan pasu-pasu atau berkatNya yang berlimpah itu (orangtua, ompung, hula-hula, raja, atasan, gereja, pendeta dan sintua dll). Namun semua orang yang disebutkan itu hanyalah penyalur atau distributor belaka. Mereka bukan penentu atau pemilik berkat. Mereka karena itu tidak boleh menahan atau membelokkan berkat Tuhan itu. Tugas mereka hanyalah menyalurkan dan membagi-bagikan berkat. Dengan atau tanpa melalui kita Tuhan Allah dapat tetap memberkati umatNya. HASANGAPON MA DI DEBATA NA DI GINJANG DAME MA DIHITA NA DITANOON (Luk2:14).

0 komentar:

Posting Komentar