Senin, 14 Februari 2011

ADAT BATAK DAN BUDAYA BATAK

- Manusia di bumi ini adalah mahluk yang paling mulia diciptakan Tuhan dibanding dengan mahluk lain. Manusia menyerupai gambar-Nya, mempunyai jiwa (Roh), Pancaindra, dapat berbicara dan bertukar pikiran dan punya persaan harga diri , menghargai dan lainnya.

- Manusia dibumi terdiri dari beberapa bangsa, dan bangsa terdiri dari beberapa suku bangsa, dan suku bangsa ini pada umumnya mempunyai tradisi atau budaya adat masing-masing . Budaya dan Adat masing-masing Suku ini adalah tatacara, Menghargai, menghormati, mengasihi sesuai Tradisi masing-masing, jadi beda dengan mahluk hidup lain. Manusia mempunyai sopan santun berupa adat dan Budaya.

- Penulis sebagai Orang Batak , walaupun bukan Ahli adat batak , telah sering mengikuti dan mendengar adat Batak, memberanikan diri membuat tulisan ini, serta mengajak bersama mari kita pelajari dan kita teliti apa tujuan dan mamfaat guna yang terkandung dalam adat Batak itu.

- Kita harus sadari bahwa belakangan ini, karena kemajuan dan aliran-aliran kepercayaan, timbul perbedaan pendapatdan salah pengertian tentang adat batak itu , karena pengaruh dari orng yang kurang memahami dan jarang mengikuti dan tidak mendengar acara adat batak itu .

- Kalangan muda atau Generasi penerus orang batak , kalau sudah mengerti adat batak itu mereka senang, tetapi sebagian mereka yang salah pengertian malahan jadi menjauh. Mereka mengatakan : itu melulu diulang-ulang, membosankan, buang waktu sampai disebut adat batak itu berhala, animisme, bertentangan dengan ajaran agama.

- Sepanjang saya dengar dan teliti, didalam acara adat batak sesudah orang batak beragama Kristen , Acara selalu dimulai dengan berdoa dan memanggil Tuhan Allah dalam permohonan Nya. Jadi berdasarkan dan disesuaikan agama masing-masing (Kristen)

0 komentar:

Posting Komentar