Kamis, 17 Februari 2011

FESTIVAL KESENIAN BALI

Buka Pesta Kesenian Bali ke-31, SBY Nonton Sendratari di Ruang Terbuka


JDenpasar - Presiden SBY membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-31 di Taman Budaya, Denpasar, Bali. Dalam acara ini SBY akan menyaksikan sendratari klasik 'Bima Swarga' di ruang terbuka.

SBY beserta Ibu Ani Yudhoyono tiba di Taman Budaya, Denpasar, Bali, Sabtu (13/6/2009) pukul 20.10 WITA.

SBY mengenakan pakaian adat bali berwarna putih dan ikat kepala khas bali berwarna ungu, Ibu Ani mengenakan kebaya khas Bali berwarna magenta dan tatanan rambut khas bali.

Tampak Gubernur Bali I Made Mangku Pastika beserta istri Ayu Pastika mendampingi. Tampak pula Mensesneg Hatta Rajasa, Menkeu Sri Mulyani, Menbudpar Jero Wacik serta beberapa petinggi Provinsi Bali.

Even tahunan Bali di ini digelar sejak hari ini hingga 11 Juli 2009. Sekitar 13 ribu seniman dari berbagai usia akan turut serta berpartisipasi.

Selain itu grup kesenian dari 6 negara juga akan meramaikan even ini, yaitu dari Amerika Serikat, India, Meksiko, Thailand, Taiwan, Jepang dan Korea.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Bali Nyoman Yasa, tujuan even ini adalah untuk melestarikan budaya Bali klasik dan mengembangkan budaya modern. Salah satu budaya klasik yang ditampilkan adalah sendratari 'Bima Swarga'. Tarian itu merupakan salah satu fragmen dari epos Mahabharata.

Koreografinya digarap 3 seniman Bali yaitu Cok Istri Patmini, Nyoman Suarsa, dan Surya Negara. Para seniman yang tampil adalah seniman era 1980-an.

Malam ini, sendratari di tampilkan di arena teater terbuka Ardha Candra di Taman Budaya, Denpasar ini. Terlihat seperangkat gamelan bali dan penjor menghiasi panggung berlatar belakang gapura bali. Sekitar tiga ribuan warga Bali plus turis asing pun memadati arena teater di malam minggu ini.

Tak kurang sekitar Rp 4,2 miliar digelontorkan untuk perhelatan PKB yang menampilkan serangkaian acara kesenian, pameran kerajinan, festival dan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar